Senin, 25 Juli 2011

Sejarah Logo AGIP

JAN29


Siapa yang mendesain Anjing berkaki 6, yang menunjukkan logo perusahaan energy dari Italy ?. Kenyataannya siapa yang merancang logo tsb baru diketahui setelah 30 th kemudian. Luigi Broggini, sebelumnya tidak pernah mengakui bahwa dia adalah Pencetus dari symbol tersebut dan setelah Kematiannya pada th 1983 barulah fakta tersebut terungkap melalui kesaksian putranya seperti yang dilaporkan oleh Jurnalis Dante Ferrari berikut ini :

Luigi Broggini mengiginginkan pada saat itu agar namanya tidak ditampilkan pada saat pengumuman pemenang, sehingga tidak ada yang tahu apa arti sebenarnya dari Anjing berkaki 6. Setelah hasil kerjanya dinyatakan sebagai sebuah seni, berdasarkan dari analogi dan penelitian formal ada beberapa anggapan bahwa gambar tersebut dipengaruhi oleh legenda Niebelungen.

Pernyataan resmi diberikan oleh kantor pers Eni pada 1950an, menjelaskan bahwa enam kaki yang ada pada logo merupakan lambang empat roda mobil dan dua kaki pengemudinya. Ini semacam “Centaur” (Manusia berbadan kuda) modern dan usaha untuk meyakinkan bahwa suatu pergerakan akanmenjadi cepat dan terarah atas simbiosis antara mobil dan pengemudinya.

Menariknya disisi lain ini juga bisa dihubungkan dengan Mitologi Afrika , dimana hewan dengan jumlah kaki lebih dari jumlah normal memiliki kekuatan yang luar biasa. Di Tanzania dan Kenya kadang-kadang juga terdapat ukiran kayu atau patung singa dan harimau dengan kaki 6.

Di Nigeria juga, di Benin Bronzes juga ada beberapa contoh symbol hewan yang memiliki kaki lebih dari jumlah normal yang memberikan inspirasi tentang kekuatan supra natural.

Kebutuhan akan logo diperlukan perusahaan energy Italia ini agar dengan mudah dapat dikenal dunia , dengan alasan itulah dibuat sebuah kompetisi/Sayembara pada tahun 1952


KOMPETISI
KOmpetisi diumumkan untuk bebutuhan dua produk / merk dagang yaitu Supercortemaggiore dan AgipGas dan untuk memberi warna di SPBU, kompetisi ini dibuka untuk seluruh warga itali dengan hadiah 10 Juta Lira (Kalau diRupiahkan kira-kira 64 juta-an). Anggota Jurinya terdiri dari tokoh2 seniman terkenal dan ahli komunikasi.

Pada saat itu terkumpul lebih dari 4000 sketsa dan butuh 14 kali meeting untuk menentukan siapa pemenangnya. Kemudian tibalah saatnya untuk sesi penentuan pada September 1952 tepatnya di Merano, “Six-Legged Dog” telah ditunjuk dengan suara bulat sebagai pemenangnya. Sketsa Anjing berkaki 6 ini dimasukkan atas nama Giuseppi Guzzi, yang sebenarnya bukan pengarang aslinya tetapi “Finisher” nya.

Berbagai Legenda pun berhembus, ada rumor bahwa dia adalah seorang seniman terkenal yang namanya tidak ingin muncul. Banyak nama muncul diantaranya Leo Longanesi, seorang promoter terkemuka bidang seni dan budaya yang hidup pada masa itu. Dan setelah bertahun-tahun dan setelah kematiannya , diketahui bahwa pengarang sketsa pemenang adalah seorang Pematung Luigi Broggini, salah satu tokoh seniman pada era perang dunia ke dua


TRADEMARK 1998
Perubahan ENI dimulai pada awal tahun 90an, mulai dari menjadi National Hydrocarbon Agency hingga menjadi perusahaan Go Public dan semenjak memasuki pasar saham dan memerlukan perbaikan citra perusahaan termasuk Trademark.

Perancang terkenal dari Belanda Bob Noorda dipanggil pada tahun 1972 untuk membuat Trademark yang tepat untuk memunculkan citra perusahaan yang terkoordinasi. Ia dipanggil untuk memikirkan bagaimanan memodernkan citra ENI. Solusi yang ditampilkan berdasarkan hal-hal yang sederhana tapi bernilai esensial , tapi memiliki dampak dan daya tarik , mampu menyatukan sector gambar dan menjadikan suatu grup menjadi satu kesatuan tunggal.

Anjing itu Muncul dari Palina, elemen dengan sudut tumpul , kuning dengan pembatas hitam , berhubungan dengan stasiun gas. Didalam Area kuning bersama dengan Anjingnya Kotak kuning dibagi menjadi 2 bagian dengan garis horizontal merah tipis memisahkannya

Bob Noorda telah menciptakan lebih dari 120 Logo Merek dagang dan semuanya sangat cantik dan tepat sasaran.

Sumber : americanagip.com

0 komentar:

Posting Komentar

Peluang Usaha di CV. Mutiara Bestari